Rabu, 07 Mei 2014

studi kasus kecerdasan emosional pada anak



STUDI KASUS
“(KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK)”
Tugas Mandiri Diajukan Untuk Memenuhi
Sebagian Tugas Matakuliah Psikologi Belajar


                                                                                                          


Disusun Oleh :
Nama                          : Ika Nuridayanti
NIMKO                       : 1209.11.06509
Program                      : Strata Satu (S-1)
Program Studi             : PGMI
Semester / Lokal          : III (tiga) / B
Dosen Pengampu       : Hermanto, S. Psi

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
Stai AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN 
t.a 2012/2013
MOTTO

Cobalah untuk mengerti
 dari apa yang harus dimengerti
Karena
Hidup ini adalah sesuatu
yang harus kita mengerti


Dan sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,
 dan silih bergantinya malam dan siang
 terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.
(QS. Ali-Imran: 190)



PERSEMBAHAN


Karya ini kupersembahkan untuk kedua orang tuaku yang sangat aku sayangi,,,,
Terimakasih atas do’a serta dukungannya yang telah bapak dan ibu berikan untuk ananda.
Kepada Bapak dan ibu semoga beliau mendapat balasan yang paling baik dikehidupannya saat ini dan kehidupan dikemudian hari atas apa yang pernah beliau berikan padaku...
Beliau telah mengasuhku, membesarkanku, serta mendidik dan memberikan kasih sayangnya untuk ku...
Bulir-bulir keringat mereka bercucuran hanya untuk memberikan yang terbaik untukku...  mereka kepanasan, kehujanan, kulitnya kriput karna sengatan matahari mereka lakukan itu dengan ikhlas hanya untuk aku bisa melanjutkan pendidikan...
Aku berharap dikemudian hari aku bisa  membuat mereka tersenyum bahagia,,,,,
Keluarga besarku yang ada di Saka Palas Jaya terimakasih atas dukungan, nasehat serta doanya...
Buat Bapak Hermanto S. Psi. Selaku dosen pengampu Psikologi Belajar dan Bapak H. M. Ilyas, MA. Selaku ketua STAI Auliurrasyidi yang berkenan memberikan izin melakukan riset.
Terimakasih untuk semuanya semoga apa yang saya dapat berguna dihari depan kelak, Amin...
KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulilah penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas penelitian ini. Shalawat beserta salam penulis persembahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW.
Dalam menyelesaikan tugas penilitian ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak langsung maupun tidak langsung, tanpa bantuan mereka penelitian ini rasanya tidak mungkin dapat diselesaikan pada saat ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.      Bapak Hermanto, S. Psi. Selaku dosen pengampu mata pelajaran Psikologi Umum.
2.      Bapak H. M. Ilyas, MA. Selaku ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan.
3.      Bapak Suwaji dan Ibu Darti selaku orang tua anak yang saya teliti.
4.      Ibu Dwi Susanti Selaku Guru Wali kelas III (tiga).
5.      Semua pihak yang membantu penyelesaian tugas Studi Kasus ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan tugas Studi Kasus ini masih banyak kekurangan, maka dengan ini penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif demi sempurnanya tugas Studi Kasus ini.
Akhir kata penulis berharap semoga tugas Studi Kasus ini bermanfaat bagi penulis maupun masyarakat terutama Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan.
                                                                Tembilahan,  24  November 2012

DAFTAR ISI

 

MOTTO............................................................................................................................................
PERSEMBAHAN...........................................................................................................................
KATA PENGANTAR...................................................................................................................
DAFTAR ISI....................................................................................................................................

BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang................................................................................................................
B.      Tujuan dan Manfaat...................................................................................................
1.      Tujuan Penelitian..................................................................................................
2.      Manfaat Penelitian...............................................................................................
BAB II IDENTITAS RESPONDEN (ANAK YANG DITELITI)
A.   Data Responden.............................................................................................................
B.    Data Orangtua Responden......................................................................................
C.   Observasi yang Dilakukan.......................................................................................
1.      Observasi Pertama................................................................................................
2.      Observasi Kedua....................................................................................................
3.      Observasi Ketiga....................................................................................................
BAB III PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
A.   Keadaan Anak.................................................................................................................
1.        Fisik anak..................................................................................................................
2.        Mental anak............................................................................................................
3.        Kelemahan anak...................................................................................................
4.        Kelebihan pada anak.........................................................................................
B.    Permasalahan Anak.....................................................................................................
1.      Terhadap diri sendiri........................................................................................
2.      Terhadap orangtua...........................................................................................
3.      Terhadap sekolah...............................................................................................
BAB IV KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK
A.   EQ Versus IQ...................................................................................................................
B.    Anatomi Saraf Emosi...................................................................................................
C.   Menjadi Orangtua Ber-EQ Tinggi.......................................................................
D.   Emosi dari Segi Moral.................................................................................................
E.    Empati dan Kepedulian kepada Anak...............................................................
F.     Kejujuran dan Integritas...........................................................................................
G.   Mengembangkan Empati dan Keadilan...........................................................
H.   Keterampilan EQ yang Harus Diingat...............................................................
I.      Melatih Anak Menjadi Jujur...................................................................................
J.      Menghormati Anak Anda.........................................................................................
K.    Emosi Moral Negatif: Rasa Malu dan Rasa Bersalah.................................
L.    Memanfaatkan Rasa Malu......................................................................................
M. Berfikir Realistis..............................................................................................................
N.   Optimisme.........................................................................................................................
O.  Mengubah Kelakuan Anak dengna Mengubah Pola Pikir Mereka...
P.    Mendefinisikan Masalah sebagai Musuh........................................................
Q.  Membuat Kerangka Baru untuk suatu Masalah dan Menuliskannya     
BAB V PENUTUP
A.   Kesimpulan.......................................................................................................................
B.    Kritik dan Saran.............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
Lampiran-lampiran
-       Keterangan Ijin Penelitian
-       Keterangan Telah Melakukan Penelitian
-       Identitas Penulis (mahasiswa ybs)
























BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Lawrence E. Shapiro memaparkan berbagai pemikirannya tentang bagaimana mengajarkan Emotional Intelegence pada anak. Berbagai penelitian para ahli yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional keterampilan sosial dan emosional membentuk “karakter” lebih penting bagi keberhasilan anak dibandingkan kecerdasan kognitif yang diukur melalui IQ. Tidak seperti IQ, kecerdasan emosional dapat diajarkan pada setiap tahap perkembangan anak.  Lawrence E. Shapiro memberikan saran praktis yang dilaksanakan untuk mengajarkan kecerdasan emosional bagi anak terutama bagaimana:
·         Membina hubungan persahabatan
·         Bekerja dalam kelompok
·         Berbicara dan mendengarkan secara efektif
·         Mencapai prestasi lebih tinggi
·         Mengatasi masalah dengan teman yang nakal
·         Berempati pada semua
·         Memecahkan masalah
·         Mengatasi konflik
·         Membangkitkan rasa humor
·         Memotivasi diri apabila menghadapi rasa sulit
·         Menghadapi situasi sulit dengan percaya diri
·         Menjalin keakraban, dan
·         Memanfaatkan komputer untuk meningkatkan keterampilan emosional.
Kecerdasan emosional merupakan cara baru untuk membesarkan anak. Mempelajari perkembangan kepribadian anak, Integence Quotient (IQ) merupakan salah satu alat yang banyak digunakan untuk mengetahuinya. Namun, belakangan berkembang suatu alat yang banyak digunakan untuk mengetahuinya. Namun, belakangan berkembang suatu alat yang disebut dengan Emotional Quotient (EQ) yang oleh para pakar dianggap sebagai salah satu alat yang baik untuk mengukur kecerdasan emosional anak. Menurut Lawrence, kecerdasan emosional anak dapat dilihat pada:
·         Keuletan
·         Optimisme
·         Motivasi diri dan
·         Antusiasme
Lebih lanjut Lawrence mengemukakan kecerdasan emosial (EQ) pengukurannya bukan didasarkan pada kepintaran seseorang anak, tetapi melalui suatu yang disebut dengan karakteristik pribadi atau “karakter”.
  1. Tujuan dan Manfaat
1.    Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukannya penilitian ini adalah:
a.       Mendeskripsikan bagaimana kecerdasan emosional pada anak
b.       Untuk mengetahui faktor-faktor kecerdasan emosional pada anak
2.    Manfaat Penelitian
a.    Manfaat Teoritis
1.      Memberikan masukan dan sebagai informasi dikalangan masyarakat, anak dan pada dunia pendidikan dalam khasanah ilmu pendidikan.
2.      Hasi penilitan ini diharapkan bisa sebagai bahan literature penelitian yang akan datang dengan masalah yang sejenis.
b.    Manfaat Praktis
1.     Memberi informasi bagi generasi mendatang dalam meningkatkan mutu proses belajar mengajar dalam menggunakan pendekatan emosial.
2.    Untuk meningkatkan sumber daya umat manusia yang cerdas.





BAB II

IDENTITAS RESPONDEN


A.   DATA RESPONDEN
a.       Nama                          :  Wasis Budiantoro
b.       Tempat Lahir              :  Plosoharjo
c.       Tanggal Lahir             : 30 - April - 2005
d.       Kelas                            : III (tiga)
e.       Tempat Sekolah          : SDN 019
f.        Alamat Rumah           : Saka Palas Jaya SP 14
g.       Hobby                         : Belajar
B.    DATA ORANGTUA RESPONDEN
Ayah :
a.       Nama                          : Suwaji
b.       Tempat Lahir              : Mojoduwur
c.       Tanggal Lahir             : 13 - Desember - 1960
d.       Pendidikan Terakhir : SD
e.       Alamat Saat Ini           : Saka Palas Jaya
f.        Alamat Rumah           : Saka Palas Jaya
Ibu :
a.       Nama                          : Darti
b.       Tempat Lahir              : Ploso Harjo (Nganjuk)
c.       Tanggal Lahir             : 29 - Mei - 1971
d.       Pendidikan Terakhir  : SMP
e.       Alamat Saat Ini           : Saka Palas Jaya
f.        Alamat Rumah           : Saka Palas Jaya
C.   OBSERVASI YANG DILAKUKAN
1.      Observasi Pertama
      Hari                 : Kamis
Tanggal           : 25 - Oktober - 2012
Pukul               : 10.00 Wib (waktu istirahat)
Tempat            : Di sekolah
2.      Observasi Kedua
Hari                 : Sabtu malam minggu
Tanggal           : 27 - Oktober - 2012
Pukul               : 20.00 Wib
Tempat            : Di rumah orang tua anak
3.      Observasi Ketiga
Hari                 : Minggu
Tanggal           : 28 - Oktober - 2012
Pukul               : 09.30 Wib
Tempat            : Di rumah guru/wali kelas III (Tiga)




BAB III
PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

A.   Keadaan Anak
1.  Fisik Anak :
·         Anak mempunyai anggota badan yang utuh, pendengaran yang jelas dan penglihatan yang tajam, fisiknya normal sama dengan kebanyakan anak-anak lain. Hanya saja kedua mata anak tersebut salah satunya agak tampak lain itu terlihat dari fhoto tapi melihat secara langsung kelainan itu tidak tampak.
2.  Mental Anak:
·         Anak mempunyai mental yang kuat, emosi kecerdasan yang di miliki sangat tampak pada saat proses pembelajaran berlangsung, ia cenderung cepat tanggap dengan apa yang dijelaskan oleh pendidik satu kebiasaan yang ia lakukan setiap pulang sekolah, tiba waktu bel berbunyi tanda siswa pulang ia lebih memilih meminta soal kepada guru untuk ia kerjakan sambil ia menunggu ibu guru itu pulang, karena biasanya Ibu Dwi Susanti akan menunggu lama anak-anak yang lamban dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan olehnya.
3.  Kelemahan Anak :
·         Anak mempunyai kelemahan pada saat guru memberikan pertanyaan secara mendadak anak lebih cenderung berfikir dahulu untuk memikirkan apa yang akan ia jawab, saya rasa itu hal yang wajar.
4.  Kelebihan Anak  :
·         Anak cenderung aktif dalam semua mata pelajaran, kecerdasan emosialnya sangat tinggi, mampu mengerjakan soal-soal kelas empat, selalu menunjukkan keriangan dalam menjalani hari-harinya didalam kelas, selalu berbagi ilmu kepada temannya yang kurang memahami materi yang dipelajari, ucapannya tepat, memiliki pendirian, optimis dan komitmen yang teguh, dan kehidupan yang teratur karena jadwal  bangun pagi, berangkat sekolah, sepulang sekolah, belajar, tidur, bermain, mengaji, shalat, dan tidur jadwal itu sudah ia buat dalam kesehariannya.
·         Satu kebiasaan yang anak terapkan ia selalu menyisihkan waktunya untuk belajar, dia belajar setiap sepulang sekolah dan selepas shalat isya. Ayahnya mempunyai keinginan untuk menyekolahkannya kepada jususan kedokteran nantinya.
B.    Permasalahan Anak
1.  Terhadap diri sendiri
Dia mengalami kesulitan pada saat dia berusaha untuk menjawab pertanyaan mendadak dari guru.
2.  Orang tua                            
Dia selalu mematuhi apa yang dikatakan orang tuanya. Orang tuanya cenderung otoritatif.
3.  Lingkungan Sekolah   
Anak tidak pernah membuat masalah di lingkungan sekolah bahkan sosialnya tinggi terhadap siapapun itu, baik dilingkungan rumah, sekolah atau didalam rumah. Dia mudah menyesuaikan diri dan berinteraksi dengan lingkungannya.
















BAB IV
KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK

A.   EQ Versus IQ
Keterampilan EQ bukanlah lawan keterampilan IQ atau keterampilan kognitif, namun keduanya berinteraksi secara dinamis, baik pada tingkatan konseptual, maupun di dunia nyata. Idealnya, seseorang dapat menguasai keterampilan kognitif sekaligus keterampilan sosial dan emosional, sebagaimana ditunjukkan oleh para negarawan besar dunia. Menurut pakar ilmu politik di Duke University, “James David Barber, Thomas Jefferson” memiliki perpaduan antara kepribadian dan intelektualitas yang nyaris sempurna. Ia dikenal sebagai komunikator yang hebat dan penuh empati, selain sebagai seorang jenius sejati. Pada tokoh-tokoh besar lain, EQ yang tinggi tampaknya sudah cukup. Banyak orang berpendapat bahwa kepribadian Franklin Delano Roosevelt yang dinamis dan optimisme yang luar biasa merupakan faktor paling penting dalam memimpin Amerika mengatasi masa-masa kritis zaman Depresi dan Perang Dunia II. Namun, Oliver Wendell Holmes menggambarkan Roosevelt sebagai orang yang memiliki kecerdasan kelas dua, tetapi kematangan emosi kelas satu hal yang sama juga ditujukan untuk John F. Kennedy, yang menurut banyak sejarawan, lebih banyak memimpin Amerika dengan hatinya ketimbang dengan kepalanya.
B.    Anatomi Saraf Emosi
·         Menurut Lawrence otak manusia dapat digolongkan dalam dua fungsi, yaitu: otak logika dan otak emosi. Kedua otak tersebut menjalankan fungsi yng berbeda dalam menentukan perilaku kita, namun keduanya saling bergantung. Bagian otak pengatur emosi bereaksi lebih kuat dan lebih cepat, di bawah kontrol korteks khususnya lobus prontal memberi makna terhadap situasi emosi yang dihadapi sebelum bertindak. Itu sebabnya tanpa lobus prontal yang utuh, seseorang kelihatan kurang normal, pandangan dari segi emosi orang itu dangkal, tidak peduli, lesu, apatis dan sangat tidak peka terhadap orang lain sehingga tidak akan ada orang yang mau bergaul dengannya.
·         Bagian penting dari emosi otak adalah sistem limbik. Sistem ini mengatur emosi dan impuls. Bagian yang masuk dalam sistem ini adalah Hippocampus tempat berlangsungnya pembelajaran emosi, tempat disimpannya ingatan emosi, dan amigdala sebagai pusat pengendalian emosi.
·         Korteks adalah bagian berfikir otak, dan berfungsi mengendalikan emosi melalui pemecahan masalah, bahasa, daya cipta, dan proses kognitif lainnya. Sistem limbik merupakan bagian emosional otak. Sistem ini meliputi thalamus, yang mengirimkan pesan-pesan  ke korteks; hippocampus, yang berperan dalam ingatan dan panafsiran persepsi; dan amigdala sebagai pusat pengendali emosi.      
C.   Menjadi Orang Tua Ber-EQ Tinggi
·         Para peneliti yang mempelajari reaksi orang tua terhadap anak-anaknya menemukan bahwa ada tiga gaya yang umum bagaimana orang tua menjalankan peranannya sebagai orang tua, yaitu otoriter, permisif, dan otoritatif. Dalam bukunya Raising a Responsible Child, Ellizabeth Ellis menulis banyak penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang berasal dari keluarga yang menerapkan keotoriteran dan pengawasan ketat tidak memperlihatkan pola yang berhasil. Mereka cenderung tidak bahagia, penyendiri dan sulit mempercyai orng lain.sebaliknya, orang tua permisif, berusaha menerima dan mendidik sebaik mungkin, tetapi cenderung sangat pasif ketika sampai kemasalah penetapan batas-batas atau menanggapi ketidak patuhan.
·         Orang tua otoritatif, berbeda dengan orang tua otoriter maupun orang tua permisif, berusaha menyeimbangkan antara batas-batas yang jelas dan lingkungan rumah yang baik untuk tumbuh. Orang tua otoritatif menghargai kemandirian anak-anaknya, tetapi menuntut mereka memenuhi standar tanggung jawab yang tinggi kepada keluarga, teman dan masyarakat.
D.   Emosi dari segi moral
Menurut William Damon, seorang profesor Amerika dalam perkembangan moral anak-anak dan remaja menyatakan anak-anak harus mendapatkan keterampilan emosional sebai berikut:
·         Mereka harus mengikuti dan memahami perbedaan antara perilaku yang baik dan yang buruk, dan mengembangkan kebiasaan dalam hal perbuatan yang konsisten dengan sesuatu yang dianggap baik
·         Mereka harus mengembangkan kepedulian, perhatian, dan rasa tanggung jawab atas kesejahteraan dn hk-hak orang lain, yang diungkapkan melalui sikap peduli, dermawan, ramah dan pemaaf.
·         Mereka harus merasakan reaksi emosi negatif seperti malu, bersalah, marah, takut, dan rendah diri apabila melanggar aturan moral.
Menurut William Damon, perkembangan moral anak tidak dapat dipisahkan dengan emosi seseorang. Ada dua kelompok emosi yaitu emosi negatif dan emosi positif.
Emosi negatif sifatnya dapat memotivasi anak-anak untuk belajar dan mempraktikkan perilaku-perilaku prososial, termasuk:
·         Takut dihukum
·         Kekhawatiran tidak diterima oleh orang lain
·         Rasa bersalah apabila gagal memenuhi harapan seseorang
·         Malu apabila ketahuan berbuat sesuatu yang tidak dapat diterima oleh orang lain.
Sementara emosi positif akan membentuk moral anak berupa empati dan apa yang disebut dengan naluri pengasuhan, yang meliputi kemampuan untuk menyayang.
E.    Empati dan Kepedulian kepada Anak
Salah satu unsur dari emosinal adalah adanya empati. Empati merupakan suatu sikap kepribadian seseorang dimana seseorang mampu menempatkan diri dalam posisi orang lain. Para psikologi perkembangan menegaskan bahwa sesungguhnya ada dua komponen empati yaitu:
·         Reaksi emosi kepada orang lain  yang normalnya berkembang dalam 6 tahun pertama kehidupan anak-anak
·         Reaksi kognitif yang menentukan sampai seberapa jauh anak-anak dari sudut pandang atau perspektif orang lain.
F.    Kejujuran dan Intergritas
Dalam mengajarkan aspek kejujuran kepada anak, dapat dilakukan dengan jalan:
·         Ajarkan nilai kejujran pada anak sejak mereka masih muda dan konsisten dengan pesan anda waktu usia mereka bertambah. Pemahaman anak mengenai kejujuran bisa berubah, tetapi pemahaman anda jangan berubah.
·         Anda dapat menjadikan kejujuran dan etika sebagai bahan pembicaraan sejak anak masih sangat muda dengan memilihkan buku-buku dan video untuk dinikmati bersama anak, memainkan permainan kepercayaan, dan memahami berubahnya kebutuhan anak atas privasi.
G.   Mengembangkan Empati dan Kepedulian
·         Dalam tahapan ini yang disebut empati abstrak, anak-anak mengungkapkan kepeduliannya terhadap orang-orang yang kurang beruntung dibanding mereka, entah di daerah tempat tinggalnya sendiri atau diluar negeri.
H.   Keterampilan EQ yang Harus Diingat
I.     Melatih Anak Menjadi Jujur
·         Lazimnya keterampilan EQ anak-anak meningkat sejalan dengan meningkatnya usia, tetapi tidak demikian halnya dalam hubungan dengan kebenaran.
J.     Menghormati Anak Anda
K.    Emosi Moral Negatif: Rasa Malu dan Rasa Bersalah
·         Membuat anak rasa malu atas perbuatan anti sosialnya merupakan cara yang manjur untuk mengubah perilaku ini. Emosi “Negatif” rasa malu dan rasa bersalah dapat dimanfaatkan secara konstruktif untuk membentuk prilaku moral anak.
L.    Memanfaatkan Rasa Malu
·         Upaya mempermalukan harus diberikan apabila seorang anak tidak memiliki reaksi emosi setelah melakukan sesuatu yang seharusnya membuatnya malu.
·         Upaya mempermalukan harus dipertimbangkan sebagai strategi pengubahan perilaku yang sah apabila cara pendisiplinan yang lebih lunak dianggap gagal.
M.  Berfikir Realistis
Aspek-aspek EQ yang perlu diingat dalam berfikir realistis antara lain:
·         Belajar realistis adalah lawan membohongi diri sendiri
·         Kisah-kisah keteladanan bisa menjadi cara paling baik untuk mengajarkan keterampilan ini, entah dibacakan dari bukti yang sudah ada atau dikarang sendiri.
·         Anak anda akhirnya akan belajar secara realistis mengenai masalah atau kepentingan mereka jika anda berbuat serupa. Jangan menyembunyikan kebenaran dari anak anda, betapapun menyakitkan.
N.   Optimisme
·         Keuntungan optimisme:
Anak-anak yang optimis lebih berhasil di sekolah dibanding teman-temannya yang pesimis.
O.   Mengubah Kelakuan Anak dengan Mengubah Pola Pikir Mereka
P.    Mendefinisikan Masalah sebagai “Musuh”
·         Langkah pertama dalam hampir semua bentuk psikoterapi kognitif ialah mengusahakan anak memisahkan diri sendiri dari masalah yang dihadapinya. Anak harus dapat memandang masalah itudari luar dirinya. John march menyuruh anak-anak untuk memandang masalah mereka sebagai musuh, memberinya julukan dan mencanangkan perang melawan mereka.
Q.   Membuat Kerangka Baru untuk Suatu Masalah dan Menuliskannya
·         Langkah berikutnya, menurut Psikolog Michael White dan David Epston adalah mengusahakan agar anak menuliskan masalah yang mereka hadapi. Kedua psikolog ini mengembangkan sebuah pendekatan kognitif yang mereka sebut terapi naratif yang menggunakan bermacam-macam kegitan menulis untuk membantu menjauhkan jarak antara anak dan masalah mereka. Terapi naratif membantu anak melihat bahwa melalui piihan-pilihan dan perilaku-perilaku mereka, secara metaforik menuliskan kisah hidup mereka.











BAB V
PENUTUP

  1. Kesimpulan
Dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan emosional, perhatian akan perkembangan intelektual anak dianggap penting, hal ini sejalan dengan pandangan Semiawan bahwa “stimulasi intelektual sangat dipengaruhi oleh keterlibatan emosional, bahkan emosi juga amat menentukan perkembangan intelektual anak secara bertahap[1] artinya secara timbal balik faktor kognitif juga terlibat dalam perkembangan emosional. Goleman (1995), seorang psikologi, mendefinisikan emosi adalah perasaan dan pikiran khas; suatu keadaan biologis dan psikologis; suatu rentang kecenderungan-kecenderungan untuk bertindak.[2] Sedangkan Silverman (1986), seorang psikolog, menyatakan bahwa emosi adalah perilaku yang terutama dipengaruhi oleh tanggapan mendalam yang terkondisikan.[3]
Benjatield (1992) mengemukakan bahwa fungsi emosi meliputi:
·         Emosi sebagai pembangkit energi.
·         Emosi sebagai pembawa pesan atau /isyarat yaitu bahwa keadaandiri kita dapat diketahui dari kondisi emosi kita.
·         Emosi sebagai pembawa informasi dalam komunikasi interpersonal.
Perkembangan emosional pada anak, juga akan berjalan dengan perkembangan moral. Hal ini mendorong orang tua atau guru untuk berupaya mengajarkan moral yang baik pada anak melalui pemberian contoh atau teladan yang baik. Perkembangan moral menurut Durkheim (dalam Djuretna, 1994) berkembang karena hidup dalam masyarakat, dan moral pun dapat berubah karena kondisi sosial.[4]
  1. Saran
Dari hasil penilitian yang penulis peroleh dilapangan, penulis memberikan saran baik untuk pembaca dan untuk kita semuanya khususnya mahasiswa-mahasiswi yang menjadi penerus generasi mendatang dan terlebih lagi untuk diri pribadi sendiri :
·         Diharapkan kepada setiap calon pendidik nantinya dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan emosional, “perhatian akan perkembangan intelektual anak dianggap penting” karena stimulasi intelektual sangat dipengaruhi oleh keterlibatan emosional, bahkan emosi juga amat menentukan perkembangan intelektual anak secara bertahap artinya secara timbal balik faktor kognitif juga terlibat dalam perkembangan emosional.

·         Setiap pendidik guru untuk berupaya mengajarkan moral yang baik pada anak melalui pemberian contoh atau teladan yang baik. karena perkembangan moral berkembang karena hidup dalam masyarakat, dan moral pun dapat berubah oleh kondisi sosial.
·         Setiap pendidik dapat menggunakan berbagai peralatan (media) dalam pembelajaran.

















DAFTAR PUSTAKA

Uno, Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Gorontalo: PT Bumi Aksara.
Semiawan, C., Perspektif  Pendidikan Anak Berbakat, (Jakarta: Grasindo, 1999).
Goleman Daniel, Emotional Intelegence, (New  York McGraw-Hill, 1992.
Silverman, Psychologi, (New York: Appleton- Century-Crotts: 1986).
Juretna AIM, Moral dan Religi, (Yogyakarta: Kanisius, 1994).












 



IDENTITAS PENULIS


I.    


Pas Photo
3 X 4
DATA PRIBADI
a.       Nama                          : Ika Nuridayanti            
b.       Tempat Lahir             : Rawajitu
c.       Tanggal Lahir             : 27-02-1991
d.       Pekerjaan                    : Mahasiswi
e.       Alamat Saat Ini           : Jln. Gerilya Parit 6
f.        Alamat Rumah           : Saka Palas Jaya SP 14 Kec. Pelangiran
g.       Contact Person           : 082388338760
II.   RIWAYAT PENDIDIKAN UMUM
a.       SD / Ibtidaiyah
·         Nama              : 019   
·         Tahun             : 2003
·         Di                    : Saka Palas Jaya SP 14 Kec. Pelangiran.
b.       SLTP/ Tsanawiyah
·         Nama              : Mts Al-Furqan
·         Tahun             : 2006
·         Di                    : Intan Mulia SP 12 Jaya Kec. Pelangeran.
c.       SLTA /Aliyah
·         Nama              : SMA Ma’arif Nurul Hidayah
·         Tahun             : 2009
·         Di                    : Beringin Mulya SP 7 Kec. Teluk Belengkong.
III. DATA ORANGTUA
Ayah :
a.       Nama                            : Suparno
b.       Tempat Lahir               : Cilacap
c.       Tanggal Lahir               : 16 - Mei - 1968
d.       Pendidikan Terakhir    : SPG
e.       Alamat Saat Ini            : Saka Palas Jaya SP 14 Kec. Pelangiran
f.        Alamat Rumah             : Saka Palas Jaya SP 14 Kec. Pelangiran
Ibu :
a.       Nama                            : Sudarmi
b.       Tempat Lahir               : Wonogiri
c.       Tanggal Lahir               : 17 - Mei -1974
d.       Pendidikan Terakhir   : SMP
e.       Alamat Saat Ini            : Saka Palas Jaya SP 14 Kec. Pelangiran
f.     Alamat Rumah             : Saka Palas Jaya SP 14 Kec. Pelangiran


[1] Semiawan, C., Perspektif  Pendidikan Anak Berbakat, (Jakarta: Grasindo, 1999). Hal. 41.
[2] Goleman Daniel, Emotional Intelegence, (New  York McGraw-Hill, 1992. Hal. 36
[3] Silverman, Psychologi, (New York: Appleton- Century-Crotts: 1986). Hal. 124
[4] Juretna AIM, Moral dan Religi, (Yogyakarta: Kanisius, 1994), hal. 97.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar