RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN 001 Temblahan Hulu
Mata
Pelajara : Matematika
Kelas
/ Semester : II / I
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi :1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai
500
Kompetensi Dasar :1.2 membandingkan bilangan sampai 500
Indikator :
Mengenal bilangan
·
Menyebutkan banyak benda
I.
Tujuan Pembelajaran :
· Siswa mampu menyebutkan banyak benda
Karakter yang diharapkan :
·
Tekun,
disiplin, rasa hormat, kerja sama.
II.
Materi Pembelajaran :
Penjumlahan dan pengurangan bilangan
Menyebutkan Banyak Benda
1)
Banyak buah leci diatas ada 15
buah
III.
Metode Pembelajaran :
·
Diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran:
A.
Kegiatan awal
1. Menarik perhatian siswa-siswi
-
Menampilkan media
-
Membagi tempat duduk membentuk kelompok
2. Menimbulkan motivasi
-
Bersikap ramah dan penuh semangat (menanyakan kesiapan belajar siswa)
-
Bercerita singkat mengenai materi
3. Memberi acuan
Mengemukakan
langkah-langkah tujuan pembelajaran. Adapun tujuan yang akan dicapai yaitu
siswa dapat menyebutkan banyak benda dan dapat menyelesaikan
soal latihan dari menyebutkan banyak benda.
4. Membuat kaitan
Didalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan sebuah
aktifitas melakukan penjumlahan dan pengurangan suatu benda misalnya pada saat
kita membeli buah berapa banyak buah yang kita beli otomatis bekal pengetahuan
yang harus ada pada diri kita yaitu kita harus pandai berhitung, nah pada hari
ini kita akan berhitung dengan menyebutkan banyak benda.
B.
Kegiatan inti
-
Mengamati
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar
yang telah tersedia.
-
Menanya
Guru bertanya, apa yang bisa kita tangkap dan amati dari gambar
tersebut kepada setiap kelompok.
-
Mengumpulkan informasi
Siswa diminta untuk memberikan jawaban dan
persepsi mereka.
-
Mengasosiasi
Siswa diminta untuk menyimpulkan dari semua
jawaban. Dan guru menjelaskan materi ajar.
a.
Kejelasan, bahasa yang diucapkan harus
jelas dan lancar.
b.
Penggunaan contoh dan ilustrasi, guru memberikan
contoh soal mengenai menyebutkan banyak benda, seperti :
Lihat
ada sebuah gambar buah leci ia bewarna merah, hitunglah berapa banyak buah yang
ada?
Jawab :
Jumlah banyak benda pada gambar buah leci
tersebut ada 15.
c.
Pemberian tekanan, guru harus memberikan
perhatian atau penekanan yang lebih pada hal-hal yang pokok, seperti bentuk
umum pada menyebutkan banyak benda tersebut. Seperti: “perhatikan ini
baik-baik”.
d.
Balikan
Dari contoh yang telah diberikan, guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum
mereka pahami.
-
Mengkomunikasi
Guru menunjuk perwakilan dari setiap
kelompok untuk mengerjakan soal yang diberikan guru, serta dengan langsung
menjelaskan jawabannya kepada teman-temannya di depan kelas.
C.
Kegiatan akhir
1.
Meninjau kembali
-
Siswa menyimpulkan materi hari ini
2.
Evaluasi
-
Mengerjakan soal tertulis yang ada di buku paket
3.
Tindak lanjut
-
Guru memberikan PR kepada siswa untuk lebih memahami materi tentang menyebutkan
banyak benda.
-
Guru memberikan gambaran materi minggu depan
-
Guru memberi semangat
-
Guru dan siswa membaca hamdalah dan mengakhiri pelajaran
V.
Sumber :
Buku paket matematika SD kelas II
VI.
Penilaian :
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk : Essay
Pengayaan : PR
Soal :
1.
Berapa banyak buah apel diatas? …
2.
Banyak boneka ada....
3.
Banyak bulan sabit ada…
4.
Banyak buah leci ada ….
5.
Banyak buah mangga ada …
Jawaban :
1.
Banyak buah apel ada 14 buah
2.
Banyak boneka ada 7
3.
Banyak bulan sabit ada 11
4.
Banyak buah leci ada 15 buah
5.
Banyak buah mangga ada 10 buah
Mengetahui, Tembilahan,
27 April 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(Diana Yulinur, S.Pd.,M.Pd) (Ika Nuridayanti, S.Pd.I)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar